Potret Bintang di Langit dengan Kamera Full-Frame Pentax K-1

Posted on

Harga Pentax K-1 terbaru 2016

Harga baru kamera Pentax K-1 : $1796,95  + lensa Pentax D FA 28-105 mm : $446,95
sumber : Amazon.com

Pentax -salah satu brand besar tradisional di dunia fotografi- melakukan transisi dari film ke manufaktur kamera digital. Selalu tampak kemungkinan bahwa Pentax mungkin suatu hari membuat DSLR full-frame. Akhirnya, pada Februari 2015, perusahaan itu mengumumkan kelahiran Pentax K-1.

K-1 menjadi kamera full-frame (36x24mm) pertama dari perusahaan Pentax (Ricoh) sejak memperkenalkan kamera film LX legendaris pada tahun 1980. Kamera K-1 memasuki ranah full-frame dengan pelindung cuaca dan anti-debu. Sensor CMOS 36.4 Mp memiliki filter anti-aliasing untuk meningkatkan ketajaman dan kualitas gambar, fitur yang lagi trend saat ini. Sensor gerak ini juga didukung Pixel Shift Resolution system dari Ricoh guna menghasilkan warna yang lebih baik dengan memampukan setiap pixel merekam informasi seluruh warna.

Pentax K-1

Pentax K-1 punya koleksi unggul fitur-fitur yang akan menarik bagi fotografer serius, dan itu terasa enak di tangan. Merupakan pilihan yang cocok untuk fotografer gambar hidup dan landscape, tetapi pemotret sports harus mencari alternatif lain khususnya sistem AF yang cepat. Meskipun mesin pengolahan PRIME IV dikatakan 50% lebih cepat dari PRIME III, K-1 hanya dapat mengumpulkan tingkat pengambilan gambar terus menerus maksimum 4,4 frame per detik (fps), jadi tidak mungkin menjadi pilihan pertama fotografer sports.

Desain
Mengikuti K7, K5, dan K3, ergonomik kamera telah dipikirkan baik-baik. Pengguna yang familiar dengan sistem digital Pentax bisa mulai langsung menggunakan, tidak butuh manual selengkapnya. Garis tubuh dan takik di pegangannya terpasang di tempat yang tepat. Sudut jog dial di muka terasa pas sedangkan prisma pada jendela bidik jelas lebih besar. Secara keseluruhan K-1 itu besar, berat, tapi tidak terlalu.

Pentax astrotracer
Arahkan K-1 pada bintang-bintang -sistemnya dijuluki AstroTracer- yang dapat melacak bintang tanpa kamera harus berorientasi dulu ke Polaris (pelacak bintang). Dalam modus astrophotography, kamera dapat menangkap eksposur hingga lima menit, pada waktu planet berputar lebih daripada kemampuan sensor bergeser mengikuti.

Fitur Pentax AstroTracer menggerakkan sensor kamera mengikuti bintang. Menyambungnya sebagai titik-titik alih-alih mengekori selama pencahayaan (exposure) panjang. Pentax K-1 yang baru mencakup fitur ini, seperti halnya K-3 II, kamera yang digunakan untuk mengambil foto di bawah :

Pentax Astrotracer
Ricoh imaging America

Dalam modus star stream, kamera memfoto jejak bintang dengan menangkap gambar pada berbagai interval dan menumpuk file bersama-sama dalam kamera untuk menciptakan gambar yang menghasilkan jalur bintang cantik tanpa latar yang overexposed.

Sensor di Pentax K-1 sama yang ditemukan pada Sony a7R dengan rentang dinamis yang besar dan akurasi warna. Tubuh menggabungkan dial pengaturan yang mencegah perjalanan ke menu atau setting menu. Layar LCD di bagian belakang meluas dan pivot dengan cara unik menyerupai laba-laba. Pengaturan tampilan pada layar berputar saat kamera dihidupkan -dari landscape ke mode portrait.

Penggemar Pentax telah berteriak-teriak demi kamera digital full-frame, tapi bukan hanya  “Pentaxian” yang akan mendapatkan keuntungan dari sistem yang baru. Induk perusahaan Ricoh meyakinkan K-1 hanya satu dari serangkaian kamera full-frame yang akan rilis, serta memastikan aliran berkelanjutan dari lensa dan aksesoris untuk merek yang muncul kemudian.

Firmware Update

Ricoh Imaging Company, LTD. mengumumkan rilis update firmware versi 1.10 untuk Pentax K-1.
Change v1.10 berisi :
–    Terkait dengan IMAGE Transmitter 2 (Version2.2.0)
–    Versi sederhana dari PENTAX Tethered Capture Plug-in for Adobe® Photoshop® Lightroom®(Version1.1.0)
–    Peningkatan stabilitas kinerja umum.

Spesifikasi Pentax K-1 


Kesimpulan
Pada kisaran $1796.95, harga Pentax K-1 kompetitif. Tidak murah tapi tidak semahal Nikon D5. Kamera Pentax ini jelas berbobot atas beratnya fitur dan kualitas gambar yang dihasilkan. Terlebih lagi, K-1 terasa jauh lebih cerdas daripada rata-rata DSLR full-frame. Pada tahun ini, Pentax K-1 meraih TIPA Awards 2016 untuk Best Full-Frame DSLR Expert. 

sumber : tipa.com | shutterbug.com | outdoorphotographer.com | techradar.com | mycameratravels.com
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *